REKANAN KAMI

Beranda -> Rekanan Kami -> Kalangan Pendidikan

KALANGAN PENDIDIKAN DETAIL




INFORMASI DETAIL
AREA : Sumatera Utara

PARTNERS
Nama Partners : Tanoto Foundation
Keterangan :
Kerjasama dilakukan dari tahun 2010 - 2012. Sasaran  adalah pengajar di Sumatera Utara, Kepulauan Riau, dan Jambi yang ada di ladang Tanoto Foundation. 


JENIS INTERVENSI

Intervensi : Pelatihan
Keterangan :


Pelatihan Kreativitas berdurasi 742 jam dilaksanakan selama 124 hari pelatihan, yang terdiri atas Program Kekreatifan Pribadi, Ruang Kelas yang Kreatif, dan Literasi.



SASARAN
Sasaran : Pengajar
Keterangan :

Pengajar di ladang Tanoto Foundation Sumatera Utara, Kepulauan Riau, dan Jambi yang mengikuti 124 hari pelatihan berjumlah 537 orang.



PROGRAM
Nama program : Kreativitas
Keterangan :
Kreativitas adalah menemukan dan mengimplementasikan solusi baru, etis, dan efektif terhadap masalah.
Sub Program : Program Kekreatifan Pribadi
Keterangan Sub Program :

Riset menunjukkan bahwa kreativitas bisa dilatih. Pelatihan kreativitas merupakan cara yang efektif untuk mengembangkan kemampuan kreativitas pribadi. Program kekreatifan pribadi Credo terdiri dari modul 4P, Hambatan dalam Kreativitas, Pemecahan Masalah Secara Kreatif, Kecerdasan Majemuk, dan Kemampuan-Kemampuan TIM. Rangkaian modul ini bertujuan mengembangkan pribadi yang kreatif.

 

Sub Program Lainnya :

Sampah merupakan masalah sehari-hari yang tidak bisa dihindari. Kreativitas diperlukan untuk menangani masalah secara efektif. Modul ini mempersiapkan peserta untuk menggunakan Kreativitas Pribadi&

Keterangan Sub Program Lainnya :
Sub Program Lain Lainnya : Literasi
Keterangan Sub Program Lain Lainnya :

Kemampuan untuk mengelola dan menggunakan informasi yang relevan menentukan kualitas kekreatifan seseorang. Meningkatnya pengetahuan sejalan dengan peningkatan kreativitas orang tersebut. Literasi adalah kemampuan dasar yang menentukan seseorang bisa terpapar dengan berbagai informasi yang akan menentukan peningkatan pengetahuan orang tersebut, demikian juga dengan kreativitasnya.

  • Perpustakaan kecil
    Ide-ide untuk membangkitkan minat baca anak-anak di area yang minim sumber bacaan dan tidak memiliki fasilitas memadai untuk pengadaan perpustakaan.


  • Ruang Kelas yang Kreatif
    Dalam kegiatan mengajar, kreativitas adalah kemampuan yang sangat diperlukan untuk seorang guru dapat membuat pengalaman belajar menjadi bermakna, efektif, dan relevan bagi murid. Kemampuan untuk menganalisa akar permasalahan, menelurkan solusi yang relevan atas masalah yang timbul, dan mengantisipasi sesi mengajar dari permasalahan yang mungkin timbul; semua ini memerlukan kreativitas.


  • Strategi Mengajar
    Untuk menciptakan ruang kelas yang kreatif, dibutuhkan strategi mengajar yang membuat murid merasa aman ketika belajar. Strategi mengajar bisa melibatkan panca indera dan emosi, adanya diskusi dengan teman yang memungkinkan murid menuju ke penemuan-penemuan dan penyelesaian masalah-masalah, dan pengajaran secara bertahap.